Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 27 November 2015

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto. Untuk kesehatan tubuh, secara umun jeruk nipis kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram jeruk nipis yaitu, mempunyai kandungan kalori sebesar 51 kal, lemak 0,2 g, protein 0,9 g, mineral 0,5 g, karbohidrat 11,4 g, asam askorbat 49 mg, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg. kandungan minyak terbang juga terdapat pada daun, buah dan bunganya.

Berikut Ini Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :


  • Sebagai Obat Sambelit
Jeruk nipis mampu menjadi obat alami untuk mengatasi masalah sambelit dikarenakan dalam jeruk nipis tersebut terkandung serat yang cukup tinggi. Seperti diketahui bahwa serat sangat baik untuk sistem pencernaan dan salah satunya yaitu masalah sambelit. Penelitian mengungkapkan bahwa buah jeruk termasuk jeruk nipis adalah buah yang baik untuk mengeluarkan racun serta membersihkan usus. Caranya : Ambilah 1 atau 2 buah jeruk nipis lalu dikupas kulitnya. Buah jeruk tersebut kemudian dibuat jus serta tambahkan garam secukupnya. Minumlah jus buah jeruk tersebut sampai habis dan lakukan beberapa kali sampai sambelitnya sembuh.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sitem kekebalan tubuh agar tetap terjaga dengan baik salah satu solusinya yaitu dengan memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu konsumsilah buah jeruk secara rutin karena mempunyai vitamin C yang cukup tinggi. Jika mengonsumsi buah jeruk nipis tidak bisa secara langsung karena rasanya yang terlalu asam bisa dibuat air jeruk atau jus jeruk nipis yang ditambahkan gula.
  • Mengatasi Masalah Bau Badan
Buah jeruk nipis mampu mengatasi masalah bau badan yang mengganggu karena aroma yang ditimbulkan tidak sedap. Siapkan 1 buah jeruk nipis yang lumayan besar kemudian dibelah menjadi 2 bagian. Setelah itu jeruk nipis yang sudah dibelas tersebut diberi kapur sirih secukupnya. Gunakan untuk roll on pada ketiak secara merata setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu cuci bersih. Cara yang satu ini dianggap paling ampuh untuk mengatasi masalah bau badan menggunakan obat tradisional alami. 
  • Sebagai Obat Batuk
 Jeruk nipis digunakan sebagai obat tradisional penyakit batuk memang bukan rahasia umum lagi. Pemanfaatannya sudah dilakukan sejak dahulu dan hasilnya positif. Senyawa dalam jeruk nipis ini mampu mengusir bakteri penyebab batuk. Ambilah 2 buah jeruk nipis kemudian peras untuk diambil airnya. Seduhlah air jeruk nipis tersebut dengan air hangat secukupnya serta tambahkan madu atau kecap secukupnya. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali serta lakukan secara teratur sampai batuknya sembuh.
  • Sebagai Obat Penyakit Ginjal
 Untuk mengatasi penyakit ginjal menggunakan ramuan jeruk nipis sangat mudah sekali. Pertama-tama siapkan 2 buah jeruk nipis lalu diperas untuk diambil airnya. Tambahkan air hangat sebanyak 2 gelas dan aduk rata. Minumlah air jeruk nipis tersebut secara rutin dan teratur selama 1 ½ minggu dengan aturan minum segelas setelah makan.
  • Sebagai Obat Radang Tenggorokan
Selain mampu mengatasi masalah batuk, jeruk nipis juga mampu mengatasi radang tenggorokan. Caranya : Peraslah jeruk nipis sebanyak 3 buah. Air perasan jeruk nipis tersebut kemudian diseduh dengan air panas sebanyak ½ gelas dan aduk rata. Jika sudah hangat gunakan untuk obat kumur dengan aturan pakai sehari 2 kali selama 3 menit setiap kali berkumur.
  • Sebagai Obat Ambeien
 Manfaat lain dari jeruk nipis yaitu mampu menjadi obat tradisional penyakit ambeien. Obat tradisional jeruk nipis ini untuk pengobatan dari dalam caranya : Cuci bersih akar jeruk nipis sebanyak 15 gram. Akar jeruk nipis tersebut kemudian direbus dengan 1 liter air dan biarkan hingga air rebusannya tersisa setengah liter. Angkat, saring dan jika sudah hangat diminum sehari 3 kali secara rutin dan teratur.
  • Sebagai Obat Darah Tinggi
Obat tradisional untuk menurunkan penyakit darah tinggi sangat banyak dan beragam. Salah satunya adalah dengan ramuan jeruk nipis. Cuci bersih daun jeruk nipis 25 lembar, bunga jeruk nipis 15 kuntum serta siapkan 2 buah jeruk nipis. Rebuslah bunga serta daun jeruk nipis tersebut dengan air sebanyak 3 gelas. Sementara itu buah jeruk nipis diperas dan air perasannya direbus bersama bahan lainnya. Jika air rebusannya sudah benar-benar mendidih dan berkurang ½ gelas kemudian angkat, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak ½ gelas secara rutin dan teratur. 
  • Mengobati Amandel
Pertama-tama siapkan bahan-bahan terlebih dahulu yaitu 1 buah jeruk nipis, kunyit 5 gram serta madu murni 3 sendok makan.  Caranya : Parut sampai halus kunyit kemudian ambil airnya. Lalu jeruk nipis di belah dan diambil juga airnya lalu di tambahkan ke dalam air kunyit tadi. Tambahkan madu dan air sedikit saja. Aduk sampai rata dan saring. Minumlah ramuan tersebur secara rutin dan teratur sehari 2 kali pagi dan sore hari. 

( Dari Berbagai Sumber )

0 komentar:

Posting Komentar