Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi.Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit.Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia. Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan nampak bahwa daun pepaya. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing.Daun pepaya mengandung zat papainyang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

 Berikut Ini Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan


  • Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama yaitu untuk melancarkan pencernaan. Daun pepaya mengandung karpain yang berguna untuk membunuh mikroorganisme yang berbahaya di dalam perut. Nah, dengan begitu maka saluran pencernaan akan terbebas dari berbagai jenis parasit berbahaya.

  • Anti kanker

Daun pepaya mengandung sejumlah enzim yang berfungsi dalam menghambat dan melawan sel-sel kanker seperti kanker hati, kanker rahim, kanker paru-paru dan kanker payudara. Dalam hal ini Anda bisa membuat ekstrak daun pepaya kemudian diminum secara rutin sebagai upaya mencegah penyakit berbahaya dan mematikan tersebut.

  • Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah dapat diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya ambil lima lembar daun pepaya ataupun secukupnya saja lalu direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya tidak boleh berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali kalau telah dalam fase mengkhawatirkan.

  • Obat Cacing Perut

Siapkan bahan berupa 1 lembar daun pepaya, cuci bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tanaman adas pulowaras sampai mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum setelah dingin setiap malam menjelang tidur.

  • Mengobati Nyeri Haid

Untuk wanita yang akan datang bulan atau haid, dapat membuat minuman dari daun pepaya untuk mengobati nyerinya. Siapkan selembar daun pepaya muda, asam jawa, dan garam. Rebus bahan-bahan tersebut dengan air sebanyak 250cc. Setelah mendidih, tambahkan 2 sendok makan madu, dan dapat diminum setelah dingin.

  • Mengobati Disentri

Daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya adalah dengan merebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dalam panci berisikan 1 liter air dan 1 sendok teh bubuk kopi hitam, jika sudah mendidih saring dan minum airnya satu gelas perharinya.

  •  Obat Jerawat

Nah, bagi remaja yang berjerawat, coba lakukan pengobatana dengan daun pepaya, caranya pertama adalah dengan membersihkan wajah dengan air hangat, kemudian haluskan daun pepaya dan tumbuk atau diblender, campurkan dengan air. Air hasil campuran daun pepaya (sari) tersebut dicampur dengan masker dan gunakan untuk membalur wajah. Setelah 15 menit mengering, bersihkan dengan air hangat lagi, terakhir usap wajah menggunakan air dingin.

  • Untuk Kanker


Daun pepaya juga memiliki sifat anti kanker. Hal ini didasarkan pada jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker. Daun yang terasa pahit, memang banyak mengandung zat anti kanker, yang juga ditemui pada manfaat daun binahong.

Sekian informasi yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat untuk semua ...SALAM SEHAT... :D
( dari berbagai sumber )

1 komentar:

Adi The best mengatakan...

Mantap sekali info tentang daun pepaya ini Sangat bermanfaat

Posting Komentar